Cari Artikel

08 April 2013

Mari Berhitung Tentang Kehidupan

Sungguh membingungkan memang judulnya, ngga tau terlintas begitu saja sih, dan pengen nulis begitu yasudah jadinya begitu. Berhitung tentang kehidupan bagi saya bermakna "menghitung umur kali ya" berapa kira-kira umur kita, sudah berapa kita jalani dan masih berapa sisanya, apa betul ya begitu (ragu-ragu). Meskipun kita tidak tahu sampai kapan nafas ini masih akan berhembus, sampai kapan jantung ini di ijinkan untuk berdetak sama sekali kita tidak tahu dan jelas sudah kita tidak akan di beri tahu, tapi apa salahnya kalau kita coba memperhitungkan kehidupan kita, supaya di sisa hidup kita ini bukan hanya bermanfaat, tapi sangat sangat bermanfaat. Walaupun mungkin besok atau sebentar lagi kita sudah tidak hidup lagi (siapa tahu) paling tidak dengan berusaha menghitung kehidupan ini sudah ada niat baik di sisa-sisa umur yang akan kita jalani.
OK lah mungkin bisa di mulai dengan menghitung apa yang kita punya saat ini, ini menurut saya adalah bersyukur, ya kita bersyukur dengan semua yang kita miliki, jiwa dan jasmani yang sehat, keluarga yang bahagia, tetangga yang baik, rumah (bagi yang sudah punya rumah), anak, istri, atau apapun potensi yang ada di sekitar kita, apa yang kita punya patutlah kita bersyukur dengan semua karunia Alloh subhanahuwataala. Bahkan mungkin masalah yang kita punya saat ini adalah bermanfaat dan patut di syukuri, karena mungkin dengan permasalahan yang sedang kita hadapi sekarang akan ada jalan mudah di depan nanti. Bersyukur dan bersyukur, hitung potensi kita, hitung yang kita punya dan bersyukur di setiap apa yang kita hitung.
Langkah yang kedua adalah menghitung masa depan kita, dengan kondisi potensi yang ada bayangkan (atau barangkali pikirkan) apa yang mungkin terjadi pada keluarga kita, diri kita, lingkungan kita setahun lagi dua tahun lagi lima tahun lagi lima puluh tahun lagi, pikirkan semua kemungkinan yang terjadi.
Selanjutnya adalah (barangkali) menentukan tujuan kehidupan kita, untuk apa sih kita hidup, untuk mencari uang, untuk mencari istri cantik, atau kah barangkali ada yang untuk membuat keturunan sebanyak banyaknya, lantas untuk apa selanjutnya itu semua, dan untuk apalagi terus pikirkan tujuan hidup kita pikirkan sampai ke ujungnya. Jangan lupa juga pikirkan apakah tujuan hidup anda itu baik ataukah tidak baik, berguna bagi siapa, pikirkan sebanyak-banyaknya.
Untuk evaluasi mungkin kita bisa mengingat apa yang terjadi di masa lalu kita, jadikan pelajaran, ambil hikmahnya, jangan disesali apalagi di tangisi dan yang terpenting adalah belajar dari kehidupan orang lain yang mungkin jarang kita perhatikan atau kita lihat. Coba lihat sebentar tetangga anda, teman anda, saudara anda yang barangkali kehidupannya sudah mendekati masa habis, seperti apa masa lalunya dan seperti apa masa sekarangnya, coba anda bayangkan sejeneak menjadi dirinya dimasa lalu dan dimasa sekarang bagaimanakah rasanya, karena dari situlah banyak sekali pelajaran berhitung kehidupan bisa kita temukan.
Terakhir, bahwa hidup ini bukan hanya lahir-hidup-mati, renungkan untuk apa?
Semoga bermanfaat.

10 komentar:

  1. whoah this blog is wonderful i love studying your articles.
    Keep up the good work! You realize, lots of individuals are looking
    around for this information, you can aid them greatly.


    Here is my webpage: Mulberry UK

    BalasHapus
  2. Hi to all, how is the whole thing, I think every one is
    getting more from this web page, and your views are nice in favor of new viewers.


    Here is my blog post; click here

    BalasHapus
  3. I think the admin of this website is truly
    working hard for his website, since here every material is quality based data.


    Here is my page click here

    BalasHapus
  4. I appreciate, cause I found just what I was having a look for.
    You've ended my four day long hunt! God Bless you man. Have a great day. Bye

    Feel free to visit my web blog - click here

    BalasHapus
  5. WOW just what I was searching for. Came here by searching for wouldyouhitthis

    My homepage :: payday loans no brokers

    BalasHapus
  6. Hi mates, its fantastic article on the topic of cultureand completely defined, keep
    it up all the time.

    Take a look at my page: anal sex

    BalasHapus
  7. The art of Fashiοn illustratiοn, thеy arе a ѕlow-gοing publication,
    you can геly on them. Αvoid wеarіng a white dress though,
    as іt maκes her look her best.

    Feеl free to suгf to my blog Thoi trang nam

    BalasHapus
  8. WOW just what I was searching for

    BalasHapus
  9. Artikel yang sangat bermanfaat, kunjungi juga dong www.biologi.uma.ac.id dan www.uma.ac.id

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Jejak Disini

Google Search Cari Info