Cari Artikel

28 September 2010

Macet Jakarta

Kalau anda tinggal di jakarta pasti anda bisa merasakan perbedaan jakarta akhir-akhir ini, macetnya semakin parah. Ada yang bilang 2015 jakarta penuh sesak kendaraan bahkan baru-baru ini ada yang bilang 2011 juga sudah penuh sesak, yah semua itu bisa terjadi bahkan lebih cepat jikalau orang yang berkewajiban memikirkan kondisi kota ini masih begitu-begitu saja, belum ada tindakan yang efektif untuk menyelesaikan masalah yang sudah di depan mata.
Banyak yang mengatakan macet ini lantaran telah di sterilkannya jalir busway kota Jakarta, kok bisa? Menurut saya sih ada benarnya, terlepas dari patuh tidaknya terhadap aturan, coba aja perhatikan beberapa bulan lalu ketika jalur busway masih banyak yang nyerobot, macet Jakarta ga begitu parah kan?.
Jalur busway ini memakan setidaknya rata-rata 30 persen bahkan lebih areal jalan besar di kota Jakarta, dan setidaknya dengan pengurangan 30 persen jalanan untuk busway ini bisa mengurangi sedikitnya 30 persen juga pengguna jalan, karena beralih ke busway.
Tapi apa yang terjadi kenyataannya, bukan macet berkurang malahan macet bertambah parah. Belum lagi di tambah dengan ketidaksabaran pengguna jalan yang saling serobot dan tidak tertib karena sama-sama ingin cepat sampai tujuan.
Busway saat ini masih dianggap tidak efektif mengurangi kemacetan, armada busway yang ada tidak sepadan dengan jumlah penumpang busway yang membeludak saat jam berangkat dan pulang kantor. Dengan armada yang ada sekarang busway masih jauh dari efektif, waktu menuggu masih lama, antrian dan berdesakan penumpang dalam bus menjadi alasan utama para pengguna jalan tidak mau beralih ke busway dan masih setia dengan kendaraan mereka masing-masing, karena busway masih jauh dari anggapan transportasi yang nyaman dan efektif.
Walhasil 30 persen yang seharusnya berpindah ke busway malah ikutan berjejalan dalam macet, mengutip lagu Bondan Prakoso "ya sudahlah", beginilah macet di jakarta yang semakin parah kapan akan berakir? Masih menjadi pertanyaan yang kayaknya masih lama juga bisa terjawab.

3 komentar:

Silahkan Tinggalkan Jejak Disini

Google Search Cari Info