Cari Artikel

28 September 2010

Jangan Biarkan Otakmu Menguap

Pernah punya ide, atau ingat sesuatu yang penting tapi di saat yang gak tepat? yah semua hampir mengalaminya. Suatu saat ketika naik bis kota aku melihat lihat situasi di luar bis kota sambil menikmati perjalanan pulang dari suatu tempat. Tiba tiba terlintas ide-ide yang cukup lumayan baguslah, sambil menikmati perjalan ide-ide itu terus berkembang dengan sendirinya di pikiranku, kubiarkan saja ide-ide itu tumbuh menjadi pohon ide yang lebih besar. Semangat begitu terasa dengan ide-ide itu, ada keinginan suatu saat ide itu bisa di laksanakan, asiknya.
Seiring waktu berjalan hari demi hari, minggu demi minggu terlewati tiba-tiba teringat kembali bahwa aku punya ide bagus sewaktu naik bus dari perjalan pulang, tapi apa ya ide itu, aku lupa, aku ga ingat? aduh. Gimana nih. Ya bukan aku atau anda sendiri yang pernah mengalami hal seperti itu. Sangat sulit untuk mengingat suatu hal menarik yang ingin kita ingat kembali, suatu ide.

Kita saat ini masih berdiam dalam kebiasaan yang rasanya kurang baik, kebiasaan membiarkan sesuatu yang berharga datang dan pergi begitu saja, bukannya kita ambil dan manfaatkan. Seperti cerita di atas, ide yang datang dan pergi begitu saja, tanpa bekas dan sulit untuk di ingat, inilah kesalahan yang sudah lama kita lakukan dan kita biarkan, tanpa ada tindakan dan usaha untuk mencegah kesalahan itu terjadi kembali. Kita hanya membiarkan ide yang muncul di otak kita menguap begitu saja.
Tapi tidak semua orang tidak sadar dengan hal itu, sudah ada di dunia ini yang begitu menyadari datang dan perginya hal-hal penting dari pikirannya. Bagaimana mereka menyiasati hal itu, ya, mereka membawa selembar kertas, booknote kecil dan pulpen atau apapun media yang mudah di bawa dan di gunakan untuk mencatat, menuliskan dan mengabadikan hal penting yang pernah melintas di pikiran mereka.
Sederhana tapi tidak mudah membawa catatan kecil dan pulpen sangatlah tidak mudah kalau tidak biasa. Banyak yang meremehkan bahwa catatan kecil itu bermanfaat, mereka yang meremehkan akan berkata "ah kan sekarang ada ponsel, ada PDA, ada ini ada itu, ya rata-rata begitulah anggapan mereka tentang catatan kecil. Yang jelas menurut saya catatan kecil lebih efektif dari semua itu untuk mencatat dan mengabadikan ide, percaya gak percaya buktikan saja, yang jelas jangan biarkan otakmu menguap. Semoga bermanfaat, salam.

2 komentar:

  1. Emang bener kalo punya ide yang bagus, harus dicatat. Kadang2 kita sering merasa bisa mengingatnya, tapi seiring waktu, jadi lupa.

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Jejak Disini

Google Search Cari Info