Cari Artikel

25 Januari 2009

Besok Gerhana Matahari Cincin (26/1/2009)


Menjelang terjadinya fenomena gerhana matahari cincin hari Senin (26/1), Pusat Peragaan Iptek TMII akan menggelar peneropongan bersama yang dimulai pukul 14.45 sampai 17.00.

Fenomena gerhana ini terbilang istimewa sebab hanya melewati permukaan satu negara, yakni Indonesia. "Pada gerhana matahari annular, kurang lebih 92 persen permukaan matahari tertutup oleh bayangan bulan. Gerhana jenis ini tidak gelap total sehingga suasananya seperti sore hari," ujar Manajer Promosi PT Iptek TMII, Putu Lia Suryaningsih, di TMII Jakarta, Minggu (25/1).

Lia mengatakan, gerhana matahari annular tahun 2009 merupakan seri saros 131 yang ke-50. Saat terjadi nanti, matahari akan melintas sepanjang 14.500 kilometer dengan jalur bayangan bulan menutupi sinar matahari selebar 280 kilometer atau 0,9 persen luas permukaan Bumi. Diperkirakan lama gerhana sekitar 3 jam 46 menit.

Pada kegiatan peneropongan, akan digunakan fasilitas canggih dan memadai. Tiga alat yang disiapkan masing-masing memiliki spesifikasi CPC 800, firscope 114 inci dan firscope 80 inci, solormax corondo serta perangkat pendukung lain.

Kegiatan ini akan menambah pengetahuan dan memperkaya ilmu bagi para pelajar dan masyarakat.

Kegiatan ini rencananya akan dihadiri oleh mantan Kepala UPT Observatorium Bosscha Moedji Raharto. Beliau akan menyampaikan materi dan informasi bagi masyarakat yang datang, tidak hanya sekadar mengenai gerhana matahari, tetapi juga matahari secara umu

8 komentar:

  1. Nice info. Salam kenal ya. Makasih dah mampir di blog saya.

    BalasHapus
  2. sama2 trimakasih, salam kenal juga

    BalasHapus
  3. wow sepertinya bakal seru nih liat gerhana, kayaknya hari ini gak tidur deh :-)

    BalasHapus
  4. wah tapi dari pagi jakarta dan sekitarnya udah mendung, sekarang aja mendung banget gmana mau ngliatnya ya...
    kcewa sih....

    BalasHapus
  5. asalamualikum...untuk semua kaum muslim..sudahkah shalat gerhana...kenikmatan yang sangat besar ketika kita bisa beribadah kepada-Nya...

    let's take the Biggest Love..

    salam kenal

    www.ayoberbagiilmu.blogspot.com

    BalasHapus
  6. akhirnya bisa nonton juga walaupun lewat info dari Televisi.
    Nice... Happy Days 4U

    BalasHapus
  7. Tapi hari ini mendung mbak, mana gerhananya mulai jam 4 lagi, aku cuma liat sampe setengah, liatnya aja kudu pake alat super modern; EMBER diisi pake air..

    BalasHapus
  8. @Okky Fajar, salam kenal juga. siapa aja yang ikutan sholat....Okky ikut gak?

    @Maman,
    @My blog,
    alhamdulillah aku bisa langsung liat, malah dalam keadaan mendung tipis sangat terlihat jelas, karena tidak terlalu silau, Happy days4U 2

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Jejak Disini

Google Search Cari Info