Cari Artikel

14 Mei 2014

Mau kemana bangsa ini

Dibalik ramainya berita politik, koalisi, taktik strategi politisi negara ini untuk menjadi nomer satu dinegara yang besar dan beragam ini ada selingan yang sungguh menarik untuk dibicarakan. Barusan denger berita dari teman, tentang soal unas yang bocor, sungguh mengejutkan tapi memang itu kenyataan yang harus diterima yang terjadi.

Otoritas pendidikan atau yang berwenang mengenai pendidikan bangsa ini harus berfikir lagi, bukan untuk "bagaimana caranya unas tidak bocor lagi" tapi melihat kembali seperti apa sistem pendidikan yang ada sekarang ini, kalau memang perlu perubahan, lakukan secara bertahap dan jelas target waktu serta tujuannya. Ibarat penyakit harus di diagnosa dengar benar penyakitnya kemudian dikasih terapi atau obat yang sesuai dengan penyakitnya, bukan hanya menyuruh untuk sembuh saja, siapapun juga tahu orang yang sakitpun pingin buru-buru sembuh.
Bagaimana menciptakan sistem pendidikan yang efektif, yang berorientasi pada hasil, karena selama ini sistem pendidikan kita tidak mampu menghasilkan generasi terdidik yang bisa dibilang rata-rata tidak memuaskan secara umum. Jujur saja bagi yang pernah merasakan proses pendidikan, apa yang selama di sekolah dipelajari tidak banyak applied di kehidupan, terlalu lama bermain-main dengan hal yang tidak efektif.
Otoritas pendidikan harus terbuka, menerima feedback, masukan-masukan dari semua pihak baik itu tenaga pengajar, si pembelajar dan semua yang terkait dengan proses pengajaran hingga menghasilkan lulusan yang diharapkan.
Bila perlu jika otoritas pendidikan ini buta sama sekali  mau seperti apa sistem pendidikan bangsa ini, lihat saja negara yang bagus sistem pendidikanya, jangan malu mencontoh, menjiplak atau mencontek sistem pendidikan yang bagus itu dengan diberikan beberapa modifikasi tentunya untuk disesuaikan dengan kondisi bangsa ini, dan tentunya modifikasi itu tidak melenceng dari tujuan utama sistem pendidikan yang dirasa bagus tersebut.
Masalah sistem pendidikan ini tak akan selesai bila tidak jelas arah dan tujuannya mau kemana. Seperti apa sistem pendidikan bangsa ini, kesitulah arah bangsa ini berjalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Jejak Disini

Google Search Cari Info