Cari Artikel

17 Januari 2010

Pelajaran 1 : Dasar Dasar C++ (Bagian 1)

Belum pernah membuat program? tidak masalah, kita akan belajar memulai membuat program disini. Ikuti langkah2nya dengan sabar dan teliti. C++ adalah bahasa pemrograman yang akan membuat anda bisa mengendalikan komputer anda dengan bahasa yang akan anda tulis dan anda selesaikan, dan kita akan memulainya disini.
Pertama kali anda memulai pemrograman anda harus mempunyai Compiler, compiler adalah tempat (berupa software) yang akan anda gunakan untuk merubah bahasa yang telah anda tulis menjadi satu program yang akan di jalankan komputer (mudahnya seperti itu).

Disini anda bisa mendapatkan compiler tersebut
  • Go to this website: http://www.codeblocks.org/downloads
  • Follow the link to "Download the binary release" (direct link)
  • Go to the Windows 2000 / XP / Vista section
  • Look for the file that includes mingw in the name. (The name as of this writing was codeblocks-8.02mingw-setup.exe; the 8.02 may be different).
  • Save the file to your desktop. It is roughly 19 megabyte
Setelah anda mendowload compiler silahkan anda install di komputer anda.
OK kita lanjutkan,
pemrograman C++ berisi sekumpulan perintah yang akan anda tuliskan, perintah tersebut akan anda gunakan untuk memerintahkan komputer melakukan sesuatu sesuai dengan yang anda inginkan, kumpulan perintah itu biasa diberi istilah C++ source code atau code saja. Perintah yang akan di tulis nanti berupa "function" atau "keyword" yang akan menjadi dasar penulisan bahasa program. Dalam C++ nanti akan anda temukan berbagai macam function dan keyword yang bisa anda gunakan untuk memerintahkan komputer (anda akan mempelajarinya sedikit demi sedikit function dan keyword itu, agar bisa anda gunakan dengan baik).
OK kita mulai masuk ke pelajaran (bagaimana sebuah program di mulai)
Sebuah program di mulai dari main, dari sini program akan dimulai, dan di main ini anda akan menuliskan semua perintah function yang ada di C++
kita mulai dengan satu program kecil (buka compiler anda dan copy program di bawah)

#include 

using namespace std;

int main()
{
  cout<<"Hallo aku belajar c++ di 
               www.belajar-dengan.blogspot.com";
  cin.get();
}


setelah itu jalankan program tersebut dengan cara klik build+build, tunggu beberapa saat compiler memproses program anda kemudian klik build+run, dan lihat hasilnya.
OK kita lanjutkan lagi ke Pelajaran 1 : Dasar Dasar C++ (Bagian 2)

1 komentar:

  1. udah sampe mana bro C nya ?
    ane masi basic bangeet... :D

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Jejak Disini

Google Search Cari Info