Cari Artikel

18 Mei 2012

Makanan Penyebab Jerawat

Jerawat adalah salah satu musuh yang dibenci setiap orang, apalagi wanita. Jerawat memang bukan penyakit yang berbahaya. Tetapi jika jerawat datang akan sangat mengganggu dan tidak nyaman, meskipun jerawat tidak berbahaya tetap harus di jaga dan di tangani dengan baik.
Jerawat disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat karena kelenjar minyak (sebacous galand) yang berlebih. Meskipun banyak ahli medis tidak setuju bahwa jerawat disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi, tidak ada salahnya jika kita menghindari beberapa jenis makanan yang di duga dapat memicu jerawat.
Makanan yang di duga memicu jerawat tersebut antara lain:

  • Gula dan cokelat.
  • Susu
  • Iodin/iodium
  • Kafein dan alkohol
  • Makanan pemicu alergi
  • Buah dan sayuran yang bersifat asam

Cokelat merupakan salah satu makanan yang paling memicu jerawat. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa cokelat mempunyai indeks skala glikemik yang cukup tinggi, gula juga ketika dalam proses pembentukan karbohidrat dapat menimbulkan jerawat karena meningkatnya tingkat hormonal.
Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi susu yang tinggi biasanya menimbulkan jerawat.. Hal ini disebabkan meningkatnya hormon pertumbuhan yang juga menyebabkan kelenjar minyak di kulit menjadi tersumbat.
Iodin juga menjadi salah satu faktor munculnya jerawat, kelenjar minyak di kulit bisa menjadi iritasi dan cenderung menjadi jerawat. Iodin bisa di temukan pada ikan dan kerang, sebab air laut mengandung iodin.. Sebagai tambahan sumber lain iodin adalah berasal dari garam iodin yang biasanya terdapat pada beberapa makanan kaleng.
Kafein dianggap menjadi pemicu tumbuhnya jerawat sebab kafein dapat mempengaruhi tingkat hormonal yang di produksi tubuh. Beberapa sumber kafein antara lain kopi, teh, soft drink dan cokelat. Sebagai tambahan, alkohol juga menyebabkan meningkatnya hormonal, terutama testosteron yang dapat memicu jerawat lebih sering.
Masalah kulit sering muncul karena alergi makanan, terutama susu dan telor. Jerawat muncul karena sistem kekebalan tubuh bekerja melawan racun yang di akibatkan alergi.
Buah dan sayuran yang bersifat asam dapat menyebabkan jerawat, seperti wortel, jeruk, mentimun, selada. keasaman tubuh dapat menyebabkan munculnya jerawat, oleh sebab itu harus di hindari. Itulah beberapa makanan yang dapat mulali memicu timbulnya jerawat. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Jejak Disini

Google Search Cari Info