Cari Artikel

25 April 2009

Kemana Setelah ini...

Musim ujian dan sejenisnya sudah mulai lagi, pertanda ada yang harus segera di akhiri, terutama yang mau lulus. Setelah lulus sekolah atau kuliah mau kemana atau ngelanjutin dimana? itulah yang jadi pertanyaan besar dan menjadi masalah berikutnya yang harus dipecahkan buat anak sekolah. Mau bekerja, mau sekolah lagi yang lebih tinggi atau pilihan buruk yang sebenarnya tidak pernah menjadi pilihan yaitu menganggur.
Menyedihkan memang jikalau setelah kita menyelesaikan belajar kita kemudian kita bingung mau diapakan hasil belajar kita, hampir semua pernah merasakan itu, bingung mau kemana??? mau diapain ijasah dan nilai2 yang sudah kita peroleh??? bahkan ada juga yang tidak yakin dengan dirinya sehingga terbersit pertanyaan pada dirinya sendiri "bergunakan yang selama ini sudah aku pelajari?". Dan inilah tingkatan gawat dari penyakit2 yang ditemui setelah lulus.
Untuk menghindari penyakit penyakit baru lulus ini harus sejak awal atau jauh hari sebelum lulus harus dipikirkan dan dipersiapkan, misalnya setelah lulus mau sekolah lagi atau mau bekerja di bidang yang sesuai jurusan atau mau mengambil kursus atau semacam pendidikan tambahan terlebih dahulu sebelum bekerja, atau bahkan pilihan menganggur terlebih dahulu untuk membuat rencana yang lebih kompleks.
Semua pilihan itu tidak ada salahnya yang jelas jangan sampai setelah lulus terjebak dalam pikiran "mau kemana diri ini", karena diam diam pikiran seperti itu akan menutup jalan kita menuju masa depan yang baik, karena kita akan dibawa ke alam kebingungan dan alam buta arah (apa itu...) ya semacam ketololan akan menghadapi masa depan. Jangan sampai itu terjadi karena sangatlah berbahaya.
Sekali lagi berencanalah untuk masa depan, jangan sampai pikiran menjadi terjebak dan tertutup. Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Kenapa ga terpikir untuk berwirausaha daripada pusing mikir kuliah dimana atau mau kerja dimana.??

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Jejak Disini

Google Search Cari Info