Cari Artikel

08 Januari 2010

Singgah Di Dunia

Khutbah Jumat yang menggugah, mengingatkan akan tujuan hidup yang sebenarnya, mengingatkan akan pentingnya saat saat kita menghembuskan nafas terakhir, ketika ruh meninggalkan jasad, ketika malaikal maut mengajak ruh tersebut untuk kembali.
Betapa pentingnya saat saat kita meninggalkan dunia ini, karena itulah yang akan menentukan kehidupan yang lebih jauh dan lebih lama, bukan seperti saat seperti ini yang hanya di ibaratkan sedang lewat atau singgah saja. Khusnul khotimah menjadi hal yang wajib kita lalui ketika akan meninggalkan dunia ini, ketika nafas nafas terakhir kita hembuskan, khusnul khotimah harus benar benar kita miliki. Khusnul khotimah atau akhir yang baik akan menjadi penentu kelanjutan kehidupan kita di alam kubur nanti, di alam hisab dan di alam akherat nanti.
Usaha usaha yang dapat kita lakukan kita bisa khusnul khotimah sebenarnya apa saja, diantaranya adalah selalu membiasakan diri untuk bertaubat, karena dengan bertaubah segala dosa yang pernah kita perbuat menjadi di ampuni oleh Alloh subhanahuwataala, dengan bertaubat berarti kita juga berusaha untuk berhati hati untuk tidak kembali mengulangi dosa dan kesalahan yang pernah kita perbuat.
Jangan pernah ragu untuk mengucapkan istighfar, Alloh maha pengampun segala dosa, Alloh maha penyayang, karena tidak ada manusia yang tidak berdosa tapi Alloh mencintai hambanya yang menyesali dan berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan dosa yang pernah ia lakukan. Alloh sungguh mencintai hamba hambanya yang selalu bertaubat dan selalu membersihkan dirinya.
Khusnul khotimah juga bisa di usahakan dengan cara kita selalu beristiqomah untuk berbuat baik, istiqomah artinya selalu menjaga rutinitas kebaikan yang kita lakukan. Karena tidak sedikit orang yang terbiasa dengan kehidupan agamis yang teratur tapi kemudian berubah menjadi kebalikannya, ada juga yang berbuat baik saja ketika hatinya sedang bahagia atau sedang sedih saja, ini bukan perbuatan baik yang istiqomah.
Kemudian khusnul khotimah juga bisa di usahakan dengan kita selalu berusaha dan berusaha untuk mengingat Alloh subhanahuwataala, karena dengan mengingat Alloh ini berarti kita selalu berusaha untuk mendekat dan mendekat kepada Alloh, dan dengan mengingat Alloh kita juga menjadi merasa terjaga dan terawasi dari perbuatan perbuatan yang melanggar. Dengan mengingat Alloh perbuatan kita bisa menjadi lebih berhati hati dan tidak sembarangan sesuka hawa nafsu.
Tidak cinta dunia dan memendekkan angan angan juga dapat mendekatkan diri kita kepada khusnul khotimah, karena dengan tidak cinta dunia maka ketika ajal menjemput hati kita tidak menjadi berat dengan apa yang kita miliki. Karena sesungguhnya yang akan mengantarkan kita ketika menuju liang lahat adalah 3 hal, amal baik kita, harta kita dan keluarga kita, dan diantara ketiga hal tersebut harta dan keluarga akan meninggalkan kita dan hanya amal sholeh yang tetap menemani hingga kehidupan kehidupan selanjutnya. Perbanyaklah amal sholeh dan hindarilah angan angan yang panjang dan cinta dunia, semoga bermanfaat selalu, amiiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Jejak Disini

Google Search Cari Info