Cari Artikel

19 Desember 2009

Mari Bermuhasabah


"Mari bermuhasabah" satu kata yang aku baca dari sebuah pengumuman ketika melintas di satu tempat pengajian ketika aku pulang kerja tadi siang, dan kata ini mengingatkanku memang ini adalah masih di suasana tahun baru 1431 Hijriah. Bermuhasabah secara umum berarti berhitung. Dan kalo di hubungkan dengan suasana tahun baru seperti ini, dalam pikiranku timbul satu makna dari kata bermuhasabah yaitu menghitung hitung kembali apa saja yang telah kita perbuat di tahun kemaren sehingga di tahun depan kita bisa lebih baik lagi.
Sebagai orang muslim menghitung seharusnya menjadi hal yang biasa di lakukan, agar semua yang di rencanakan dapat berjalan dengan baik. Menghitung apa saja yang telah kita capai di tahun lalu agar kita bisa menghitung dan menentukan apa yang akan kita capai di tahun depan. Begitu juga menghitung kembali kesalahan atau mengingat kembali dosa dosa yang pernah kita lakukan sehingga di tahun depan tidak akan terulang lagi.

Menghitung memang mutlak tidak bisa di tinggalkan jika kita menginginkan kehidupan kita bisa lebih baik di masa depan. Karena dengan menghitung atau muhasabah ini kita bisa menentukan langkah demi langkah untuk melewati masa depan kemudian untuk mencapai tujuan hidup yang sebenarnya.
Sudahkan anda menghitung hasil yang anda capai di tahun kemaren? Sudahkan anda menghitung kerugian kerugian apa saja yang anda derita di tahun kemaren? Kemudian di lanjutkan dengan pertanyaan sudahkah anda menghitung apa saja yang ingin anda capai di tahun depan? sudahkan anda menghitung langkah apa saja yang akan anda lakukan jika kesalahan di masa lalu terulang lagi?
Bermuhasabah atau menghitung memang tidak mudah, bukan hanya diperlukan keinginan yang kuat namun juga ketelitian dan kehati hatian jika ingin benar benar masa depan dapat berjalan dengan baik. Karena perhitungan kita di saat ini akan menentukan betapa berat dan jauhnya perjalanan masa depan yang akan kita lalui menjadi begitu ringan dan mudahnya jika kita bisa memperhitungkannya dari awal.

Mulailah saat ini memuhasabahkan semua segi kehidupan anda dengan baik agar apa yang anda inginkan di masa depan dapat tercapai dengan mudah, dan tidak mengulangi lagi kesalahan kesalahan di masa lalu. Mari bermuhasabah agar bangsa ini dapat kembali berlari menuju tujuannya, agar agama ini dapat kembali ke jalan kejayaannya seperti di masa rasulullah dan kholifahnya, mari bermuhasabah, mari bermuhasabah. Semoga bermanfaat, amiiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Jejak Disini

Google Search Cari Info