Cari Artikel

20 Maret 2009

Tentang Bersyukur

Terkadang apa yang sudah kita miliki, apa yang telah dianugerahkan Allah kepada kita selalu dirasakan kurang, ada sesuatu yang masih belum kita punya (hati berkata kata). Tidak dapat dipungkiri rasa seperti itu selalu muncul dalam diri kita masing masing, sadar tidak sadar, benar tidak benar kita semua harus mengakuinya.
Yah itu adalah salah satu pengungkapan diri kita sebagai mahluk yang kurang bersyukur, kurang mensyukuri semua nikmat yang telah dianugerahkan Allah.
Kalau kita berfikir kembali sebenarnya apa yang diberikan oleh Allah kepada kita selalu pas atau sesuai dengan apa yang ada pada diri kita. Maksudnya seandainya kita diberikan lebih apakah kita dapat lebih baik dari sekarang, pertanyaan yang muncul kemudian apakah dengan di tambahnya nikmat Allah kita akan merasa cukup dan kemudian bersyukur dengan nikmat tersebut.
Sekali lagi saya masih meragukan diri kita semua, bahwa kita masih belum bisa seperti itu (bahkan saya juga masih meragukan diri saya sendiri) masih belum bisa menjamin untuk bisa bersyukur seandainya Allah menambahkan nikmatnya. Karena lagi lagi kita akan lupa dengan bersyukur atas karunia yang lebih besar.
Memang itulah sifat manusia, oleh karena itu sekarang marilah kita segera menyadarkan diri kita masing masing dengan mengatakan Alhamdulillah banyak banyak, menyadari bahwa apa yang kita punya sekarang adalah sesuatu yang pas buat kita, sesuatu yang sesuai dengan apa yang ada pada diri kita, tidak lebih dan tidak kurang, sehingga kita bisa menikmati apa yang ada tanpa ada rasa yang tidak mengenakkan hati kita lagi tanpa ada rasa yang mengganjal dalam hati. Ya inilah nikmat Allah yang diberikan kepadaku, yang sesuai dengan pribadiku, yang sesuai dengan kebutuhan dan jalan hidupku. Aku bersyukur dengan nikmatmu ya Allah, sungguh kasih sayangmu besar kepada setiap hamba hambamu.
Dengan bersyukur seperti ini insyaAllah derajat kita akan dinaikkan dan insyaAllah nikmat kita juga akan ditambahkan, ingatlah apa yang sudah sering kita dengar tentang bersyukur "jika kamu bersyukur maka akan kutambahkan kepadamu".
Mari kita buang jauh jauh kesedihan kita, ketermenungan meratapi dunia fana, keraguan dan semua ketakutan dunia dan gantikan dengan senyum bahagia, berfikir positif, dan luasnya jiwa dengan disertai bersyukur atas nikmatnnya. Semoga bermanfaat, amiin.

2 komentar:

  1. Ya, ya, saya hari ini bersyukur nemu postingan tentang bersyukur ini shg ada yang mengingatkan tentang perlunya bersyukur. Alhamdulillah dan terima kasih ya, mbak. Semoga Allah menambah rakhmat kepada kita. Amiin.

    BalasHapus
  2. Qta tau bhw nikmat duniawi yg Allah ta'ala berikan, spt nikmat kesehatan & nikmat rizqi, patut qta syukuri. Namun dibalik semua itu ada suatu nikmat hakiki yang yg lebih patut lagi untuk qta syukuri, iaitu nikmat diniyah,...bukankah Allah ta'ala telah memberi pada qta taufiq untuk mengenal tauhid (mengesakan ALlah ta'ala dlm semua peribadatan qta) & amal sholeh (iaitu amal yg sesuai dg yg tlah dicontohkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam)....Nikmat inilah yg hrs benar2 (tdk blh dilupakan) utk disyukuri agar qta selamat dari Sifat 'Ujub, menyangka bahwa nikmat2 tsb semata-mata krnqta pantas mendapatkannya. Jikaseorg bersyukur mk akan btmbah terus nikmat baginya....(Faedah dr Tafsir Al Qur'an:Taisir Al Karimir Rahman, QS Az Zumar:66)....

    Barokallahu fiik...

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Jejak Disini

Google Search Cari Info