Cari Artikel

20 April 2011

Sistem Operasi Komputer Rusak (Booting Alternatif)

Baru saja netbook saya rusak gara-gara coba install linux remix for netbook. Awalnya pengen nyobain linux remix for netbook, abis liat liat linux di websitenya linux, koq ada edisi buat netbook juga, walhasil pengen nyobain dah, eh malah jadi ga bisa booting nih netbook yang sudah terinstall windows xp, mana ori lagi xp nya, sayang kalo di buang alias di format lagi.
Akhirnya coba deh cari solusi lewat googling, gimana caranya biar bisa booting tanpa merusak lagi (memformat atau mempartisi lagi) harddisk yang sudah terlanjur terobrak abrik sama partisi linux. untungnya masih ada laptop yang bisa dipake buat cari solusi. Akhirnya nemu deh yang namanya ptedit.exe, software yang buat benerin drive C: yang kehidden sama partisi linux (gnomepartition), trus getdataback buat ngembaliin data di drive D: yang terpartisi, cuman masih belum lengkap nih karena belum bisa booting masuk.

Cari dan cari lagi akhirnya ketemu deh yang namanya win98boot dan hpformat buat format flashdisk sekaligus isiin flashdisk sama file boot systemnya win98. Akhirnya ada jalan menuju booting, hehehe.
Proses pertama ubah flasdisk menjadi alat booting ke win98, pake hpformat dan win98boot di laptop yang bisa operasi normal. Dan jangan lupa masukin ptedit.exe ke flashdisk itu juga.
Proses kedua colokin flasdiks yang sudah bisa di pake booting di netbook yang rusak dan ubah booting netbook ke flashdisk tersebut.
Proses ketiga masuk ke ptedit.exe cek semua drive dinetbook yang rusak. Netbook saya drive C: nya kehidden jadi tinggal ubah typenya dari type hidden ke NTFS bootable (ditunjukkan dengan angka hexa 07).
Proses ke empat netbook sudah bisa booting lewat windows xp di drive C: skarang tinggal menyelamatkan data yang ada di drive D: yang sudah terformat dan tidak terbaca oleh windows XP, karena linux mengubah type partisinya menjadi ext4, tapi bisa terbaca menggunakan getdataback.
Proses kelima, pindahin semua data dari getdataback ke drive yang aman dan punya space yang cukup untuk data tersebut, pastinyalah.
Saya akan share lebih lanjut nama software dan linknya bila membutuhkan untuk download.
Begitu saja sharingnya, semoga bermanfaat, amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Jejak Disini

Google Search Cari Info