Cari Artikel

25 Juni 2009

Baik tidak baik tidak pernah begantung

Sering kali diri ini berangan seandainya kainginan terbesar ini telah terlaksana aku akan menjadi baik. Bukan saya saja barangkali yang berfikir seperti itu, karena saya rasa hal seperti itu cukup manusiawi sehingga sangat mungkin setiap manusia tidak jauh berbeda pendapatnya.
Menggantungkan untuk menjadi baik pada sesuatu sebenarnya tidaklah benar, karena menggatungkan diri kita pada sesuatu berarti mengunci kesempatan yang lain untuk masuk dan menolong kita. Sore kemaren aku disadarkan oleh cerita seorang bapak tentang majikanya yang bekerja disalah satu bank terkenal di jakarta.
Dia bercerita bahwa majikanya itu seorang direktur bank yang bergaji gede, fasilitas serba ada, lengkap dan mewah. Dia kata kepengen apa saja bisa keturutan, mau kemana aja nggak sulit, alias semua kebutuhan duniawinya semua laksana tinggal berkedip langsung jadi. Tapi apa yang dia miliki itu tidak membuatnya sadar bahwa apa yang sebenarnya dicari manusia selama perjalananya di dunia ini. Dengan kondisi yang serba menyenangkan tidak membuatnya puas untuk menikmati dunia ini. Dia malah menjadi lupa akan tujuan akhir kehidupan ini, bahkan apa yang sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah oleh dia menjadi dilakukan dengan salah oleh dia.
Kekayaanya membuat dia semakin bernafsu, membuat dia semakin hilang kesadaranya.
Bukankah dengan apa yang dia miliki dia bisa menjadi sang penolong buat yang tidak mampu, tetapi dia malah sebaliknya.
Ironis memang, cerita sibapak ini mengingatkanku bahwa dunia memang bukan segalanya, bukan menjadi jaminan untuk melangkahkan kebaikan, kekayaan tidak menjadi jaminan akan masa depan akherat yang terang. Bahkan kekayaan takkan menghentikan langkah kita untuk menunggu berbuat kebaikan. Kekayaan tidak menjamin janji kita menjadi baik menjadi segera tertunaikan.
Stoplah segera berbuat baik menunggu setelah kaya, karena kekayaan bukan jaminan untuk segera berbuat baik.
Semoga bisa menjadi pengingat yang baik dan bermanfaat, amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Jejak Disini

Google Search Cari Info